Kiat Agar Istiqomah

Alhamdulillah kita telah melewati bulan Romadhon, bulan ibadah, dimana kita selaku umat muslim, mengisi kebaikan-kebaikan dan ibadah di bulan romadon, masjid-masjid penuh, pos-pos sedekah berlimpah, tadarus al-quran giat, namun sekarang kita menginjak bulan syawwal, yang menjadi pertanyaan apakah semangat ibadah kita ikut mengendur dengan berlalunya romadon?

Para pembaca yang baik jiwanya.

Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”(HR Muslim)

Dari hadis ini di dapatkan makna bahwa Allah mencintai orang-orang yang beramal secara continue..

Jika di bulan romadhan yang lalu kita sudah beramal dengan baik, maka continue kan sampai romadon tahun depan.

Sebagian ulama salaf mengatakan,

مِنْ ثَوَابِ الحَسَنَةِ الحَسَنَةُ بَعْدَهَا، وَمِنْ جَزَاءِ السَّيِّئَةِ السَّيِّئَةُ بَعْدَهَا

Di antara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya.”[Tafsir Ibnu katsir]

Ibnu Rajab menjelaskan hal di atas dengan membawakan perkataan salaf lainnya, ”Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan, namun malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.”[Lathoif Maarif].

Maka jika kita ingin melihat atsar atau bekas amal baik kita di bulan romadon, kita bisa melihat amal-amal kebaikan yang kita lakukan setelah bulan romadon..

Jika kita continue berbuat baik, maka insya Allah itu balasan dari amal kebaikan yang kita lakukan sebelumnya sebagaimana yang telah di katakana oleh imam ibnu rajab hanbali.

Bagaimana agar kita bisa istiqomah? Karena nafsu dan setan selalu mengajak kita ke perbuatan yang melanggar syariat dan melemahkan kita dalam beribadah.

Yang pertama niatkan ikhlas lillahi ta’la. Perlu kita pahami kita beribadah bukan karena bulan romadon tapi karena Allah, Allah pemilik semua bulan-bulan yang ada, maka penuhi hari-hari kita dengan be ramal baik. Jika kita beramal karena romadon, maka romadan meninggalkan kita, tapi jika kita beramal karena Allah, Allah tidak pernah meninggalkan kita.

Yang kedua, selalu membaca dan mentadabburi Al-Quran, Al-Quran merupkan kalam Allah yang diturunkan untuk umat manusia, agar manusia selalu ingat akan perintah dan larangan Allah, dengan menyambungkan jiwa kita dengan Al-Quran maka jiwa kita akan lebih condong untuk berbuat kebaikan.

Yang ketiga, bertemanlah dengan orang-orang soleh. Orang-orang soleh memiliki magnet yang akan menarik kita agar selalu ingat kepada Allah, terus berbuat kebaikan dan mengingatkan kita akan kehidupan akhirat. Para nabi-nabi Allah juga meminta agar dikumpulkan dan dimasukkan kedalam golongan orang-orang saleh, sebagaimana doa nabi Ibrahim dan doa nabi sulaiman alaihimassalam. Maka jangan pernah bosan untuk bergaul dengan orang-orang soleh, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Yang ke empat meminta bantuan sama Allah agar hati kita di teguhkan dalam keatatan sebagaimana yang diriwayatkan oleh imam muslim bahwa nabi shollalahu alaihi wasallam berdoa

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allahumma mushorrifal quluub shorrif  quluubanaa ‘ala tho’atik” [Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu!]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.